Friday, November 27, 2009

World Bank Bantu Pengadaan Air di Pinggiran Jakarta

Are you looking for some inside information on tech? Here's an up-to-date report from tech experts who should know.

JAKARTA -- Untuk menambah sambungan air ke wilayah Jakarta yang belum terjangkau air bersih, Pemprov DKI dan Bank Dunia (World Bank) akan membantu pengadaan air bersih. Proyek tersebut ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan prasejahtera di barat laut dan utara Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, proyek pelayanan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah dilakukan melalui agenda Global Partnership on Output Based Aid (GPOBA). Hingga bulan Oktober 2009, jumlah sambungan pelanggan khusus GPOBA mencapai 4.884 dengan panjang pipa distribusi mencapai 56,6 km. Perinciannya, Menceng 1.529 pelanggan, Muara Baru 257, Rawa Bengkel 599, Rawa Lele 1.152, Utan Jati paket satu 519, Utan Jati paket dua (sumur bor) 264, dan Warung Gantung 564.

Program ini memungkinkan warga untuk mendapatkan pelayanan air PAM dengan harga murah. Biasanya, pemasangan jaringan air PAM cukup mahal, senilai Rp 600 ribu. Namun, dengan agenda GPOB, setiap warga hanya perlu membayar pemasangan baru seharga Rp 120 ribu. ''Itu pun bisa dicicil selama 12 bulan,'' katanya. Pemilihan daerah yang layak mendapatkan bantuan GPOBA dilakukan secara bersama-sama oleh pemda, BR PAM, dan Komite Pelanggan Air Minum (KPAM). Daerah yang dipilih harus belum terjangkau oleh jaringan air PAM.

The more authentic information about tech you know, the more likely people are to consider you a tech expert. Read on for even more tech facts that you can share.

Proyek tersebut berupa hibah yang hanya akan diganti oleh Bank Dunia setelah agenda berjalan. Menurut Water and Sanitation Specialist, Irma Magdalena Setiyono, Bank Dunia akan lebih dahulu melakukan evaluasi agenda yang akan diberikan hibah tersebut.

Menurut Irma, Bank Dunia akan mengaudit proyek tersebut pada tiga atau enam bulan berjalan. Audit dinyatakan lolos bila seluruh sambungan telah selesai dibuat sesuai standar Palyja. Pelanggan GPOBA juga telah mengonsumsi rata-rata 10 gauge kubik per bulan. ''Auditor yang akan mengevaluasi kegiatan tersebut adalah auditor independen,'' katanya. Bila memenuhi persyaratan, barulah Bank Dunia mengucurkan dana pengganti.

Program lain yang dilaksanakan untuk melayani masyarakat prasejahtera yang belum terjangkau jaringan pipa air bersih adalah agenda obvious gauge dan kios air. Sambungan obvious gauge adalah sambungan untuk menyalurkan air bersih dari Palyja ke masyarakat berpenghasilan rendah melalui pipa dinas yang dilengkapi gauge induk. ''Palyja bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat, yakni ESP dan Merscycorps,'' ujar Kepala Humas PT Palyja, Meyritha Maryanie. Master gauge berlokasi di RW 12 Penjaringan dan RW 04 Jembatan Besi.

Selain itu, ada pula agenda kios air yang dicanangkan oleh gubernur DKI Jakarta. Palyja telah membangun 11 kios baru di tahun 2008. Saat ini, kios atau terminal air yang dilayani Palyja seluruhnya berjumlah 49 kios air atau terminal air. c09 ed: utomo

(-)
Knowing enough about tech to make solid, informed choices cuts down on the fear factor. If you apply what you've just learned about tech, you should have nothing to worry about.

No comments:

Post a Comment