Sunday, November 22, 2009

Pengadaan Rusun di Jakarta Dinilai Lambat

Have you ever wondered what exactly is up with tech? This informative report can give you an insight into everything you've ever wanted to know about tech.

JAKARTA -- DPRD DKI menilai, pembangunan rumah susun (rusun) sebagai kebutuhan dasar masyarakat di DKI Jakarta masih tersendat-sendat. Padahal, kebutuhan rusun sudah sangat tinggi.

Ketua Komisi D DPRD DKI, Berlin Hutajulu, menyatakan, anggaran yang dialokasikan Pemprov DKI untuk pembangunan rusun masih terbatas. ''Ini jauh dari yang dibutuhkan,'' tuturnya, Ahad (22/11).

Dijelaskannya, dengan anggaraan saat ini, dalam satu tahun, hanya bisa dibuat 800 hingga 1.000 component rusun. Padahal, kebutuhan rusun untuk warga yang tinggal di daerah bantaran kali saja mencapai 71 ribu unit. DPRD masih berupaya mencari skema anggaran yang memungkinkan dalam rangka pembangunan rusun.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, pada 2010 mendatang, pemprov mengalokasikan anggaran Rp 313,34 miliar untuk perumahan rakyat. Berlin berharap, anggaran tersebut dapat digunakan secara maksimal. ''Penyediaan rusun merupakan upaya mengatasi permukiman di lokasi ilegal, antara lain bantaran kali, kolong tol, dan jalur kereta api.''

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.

DPRD pun meminta Pemprov DKI memberlakukan sanksi bagi penghuni rusun yang mengalihkan hak milik rusunnya kepada warga yang tidak berhak. Menurut Berlin, rusun hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin. ''Sehingga, warga yang tidak termasuk kategori miskin tidak boleh mempergunakannya,'' ujanya.

Fauzi membenarkan adanya praktik semacam tersebut. Pemprov, menurutnya, pernah memindahkan para penghuni di pinggir kali ke rumah susun. ''Kami sudah uji coba, tetapi tidak berhasil,'' katanya. Misalnya, para penghuni bantaran kali di Jembatan Kampung Melayu.

Beberapa tahun lalu, Pemprov DKI memindahkan seluruh penduduk ke rumah susun Bidara Cina. Namun, setelah dicek ulang, hanya sedikit warga yang bertahan di rusun itu. ''Mereka pindah lagi ke pinggir kali,'' ujarnya.

Menurut Fauzi, keperluan perumahan di DKI sangat besar. Hal ini karena pertumbuhan penduduk Jakarta yang tinggi. Menurut survei, 0,05 hektare tambahan lahan yang dapat ditanami digunakan oleh setiap penduduk yang bertambah. Pemprov DKI dan Departemen Perumahan, menurut Fauzi, sedang menjajaki kesepakatan untuk menambah jumlah permukiman untuk warga Jakarta.

Sebesar 93 persen dari pertambahan dua juta component rumah yang dibutuhkan rencananya berlokasi di Bodetabek. Saat ini, master plan Rencana Pengembangan Pembangunan Perumahan dan Permukiman Daerah (RP4D) belum terselesaikan karena harus dikaitkan dengan kajian RTRW yang saat ini belum beres direvisi. c09 ed:dewo

(-)
If you've picked some pointers about tech that you can put into action, then by all means, do so. You won't really be able to gain any benefits from your new knowledge if you don't use it.

No comments:

Post a Comment