Tuesday, December 29, 2009

Segera Rehab Daerah Aliran Sungai Ciliwung

The more you understand about any subject, the more interesting it becomes. As you read this article you'll find that the subject of tech is certainly no exception.

Kerusakan hulu DAS Ciliwung karena maraknya alih fungsi lahan.


BOGOR-- Pemerintah harus segera merehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung. Ini lantaran kondisi DAS sudah sangat kritis. Hal itu diungkapkan oleh pakar lingkungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Surjono Hadi Sutjahjo.

Dia mengemukakan, kualitas lingkungan DAS Ciliwung sangat buruk dan sudah saatnya direhabilitasi agar tidak menimbulkan bencana ekologis lebih serius. Menurut Surjono yang juga ketua Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL) Pascasarjana IPB, kerusakan DAS Ciliwung terjadi mulai hulu hingga hilir.

"Kerusakan parah pada DAS Ciliwung menjadi pemicu utama banjir yang kerap melanda ibu kota Jakarta. Kerusakan ini harus segera diatasi. Jika tidak, banjir akan selalu menjadi ancaman. Bahkan, akan menimbulkan dampak lebih serius lagi," kata dia menegaskan, Senin (28/12).

Dia menambahkan, kerusakan pada hulu DAS Ciliwung karena maraknya alih fungsi lahan yang semakin tidak terkendali. Kawasan yang semua difungsikan sebagai hutan lindung banyak berubah menjadi vila, hotel, restoran, tempat rekreasi, hingga lahan persawahan."Alih fungsi lahan di Puncak menyebabkan fungsi kawasan sebagai daerah resapan air tidak berjalan. Sehingga, terjadi ketimpangan yang memicu terjadinya banjir," ujarnya.

Dia menambahkan, sedangkan kerusakan pada hilir DAS Ciliwung yang berupa penyempitan dan pendangkalan sungai, merupakan konsekuensi dari semakin padatnya permukiman dan tingginya pembangunan infrastruktur di Jakarta.

If your tech facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important tech information slip by you.

"Hilir DAS sama pentingnya dengan hulu. Kerusakan di hilir DAS sangat potensial menyebabkan banjir," paparnya. Kerusakan mulai hulu hingga hilir DAS Ciliwung tersebut sudah sangat mengkhawatirkan. Pemerintah disarankan segera mengambil langkah yang tepat untuk merehabilitasi DAS tersebut, agar persoalan banjir yang kerap melanda Jakarta segera teratasi.

"Penanggulangan masalah kerusakan DAS Ciliwung harus dilakukan secara terpadu, dengan melibatkan semua pihak terkait. Bila penanggulangan dilakukan secara parsial, masalah banjir akan selalu menjadi ancaman nyata bagi Jakarta," kata dia.


Bangun waduk
Banjir yang kerap melanda ibu kota Jakarta dapat diatasi dengan membangun waduk di hulu Sungai Ciliwung, yang berada di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Bupati Bogor, Rachmat Yasin, kepada Antara mengatakan, banjir yang kerap melanda Jakarta, terutama saat musim hujan tiba, akan sulit diatasi tanpa adanya pengendalian debit air dari hulu daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung.

"Mengatasi banjir Jakarta tidak bisa dilakukan secara parsial, yaitu hanya menangani daerah hilirnya. Daerah hulu juga harus disentuh, karena lingkungan merupakan suatu kesatuan yang utuh dan saling terkait," kata Rachmat Yasin.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang menggalakkan pembangunan kanal banjir di kawasan timur Jakarta. Pembangunan kanal tersebut diyakini sebagai solusi dalam mengatasi banjir yang kerap melanda ibu kota. Menurut Bupati, pembangunan kanal tersebut belum dapat menanggulangi ancaman banjir yang selalu menghantui Jakarta. Pasalnya, debit air yang datang dari Bogor terlampau tinggi.

Selain itu, kualitas lingkungan di daerah hilir DAS Ciliwung juga sudah menurun. Badan sungai mengalami penyempitan akibat laju eksploitasi yang tidak terkendali, sedangkan kedalamannya semakin berkurang dengan penumpukan limbah industri ataupun rumah tangga.

Penyempitan dan pendangkalan badan sungai di hulu DAS Ciliwung tersebut merupakan pemicu utama terjadinya banjir. Pasalnya, hulu sungai yang bermuara di Teluk Jakarta tersebut sudah tidak sanggup menampung debit air saat curah hujan tinggi. Sehingga, hal itu berimplikasi pada banjir di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung.

Pada saat bersamaan, daerah hulu DAS Ciliwung di kawasan Puncak juga mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi akibat banyaknya kawasan hutan lindung yang beralih fungsi menjadi vila, permukiman, wahana wisata, hingga perkebunan. Kerusakan tersebut semakin menambah ancaman banjir yang melanda Jakarta.

(-)
Knowing enough about tech to make solid, informed choices cuts down on the fear factor. If you apply what you've just learned about tech, you should have nothing to worry about.

No comments:

Post a Comment