Saturday, December 12, 2009

Pembuangan Sampah Ilegal Menjamur di Bekasi

Current info about tech is not always the easiest thing to locate. Fortunately, this report includes the latest tech info available.

BEKASI -- Warga Kampung Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, resah lantaran rawa di wilayah mereka berubah menjadi tempat pembuangan sampah ilegal. Ironisnya, instansi terkait seolah tutup mata dengan adanya pembuangan sampah liar tersebut.

Saba, salah seorang warga, mengaku sering kali mengadukan masalah ini ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Kebersihan Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi. Namun, kata Saba, pengaduan warga tidak digubris dan terkesan pemerintah setempat membiarkan keberadaan tempat pembuangan sampah ilegal itu.

Menurut Saba, keberadaan tempat sampah ilegal di atas rawa yang terletak di RW 02 Kampung Sepanjang Jaya itu sudah lama. "Aktivitas pembuangan sampah dilakukan secara sembunyi-sembunyi," ungkap Saba, Jumat (11/12). Bahkan, dia mengaku pernah memergoki pelaku pembuangan sampah yang mengenakan seragam dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah Kota Bekasi. "Karena pelakunya memakai seragam pemda, kita tidak berani menegurnya," ujarnya.

I trust that what you've read so far has been informative. The following section should go a long way toward clearing up any uncertainty that may remain.

Hal senada juga disampaikan Iman Sumarlan, warga lainnya. Iman menyesalkan sikap pemerintah setempat yang enggan menertibkan keberadaan tempat pembuangan sampah ilegal di kampungnya. Kondisi ini, kata Iman, sangat meresahkan warga sekitar karena bau busuk yang ditimbulkan dari lokasi pembuangan sampah ilegal itu. "Seharusnya dinas terkait segera menertibkannya," kata Iman berharap.

Kondisi seperti ini, ujar Iman, juga terjadi di Kelurahan Bojong, Kecamatan Rawa Lumbu. Hanya saja, kata Dia, warga sekitar lokasi pembuangan sampah ilegal itu sangat kompak melakukan protes kepada pemerintah setempat sehingga masalah ini menjadi prioritas pemerintah untuk ditertibkan. "Kalau di sini hanya segelintir orang saja yang protes," tuturnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Kebersihan Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Rusli, mengaku telah mengetahui keberadaan tempat pembuangan sampah liar di lokasi rawa yang meresahan warga sekitar itu. Menurut Rusli, beberapa stafnya telah berupaya melakukan pemantauan di lokasi tersebut untuk mengetahui adanya oknum PNS dan warga yang membuang sampah di situ.

Bangun pagar
Rusli juga mengaku kerap mendapat keluhan dari warga. Namun, Rusli berharap warga juga mau bekerja sama untuk melarang orang yang membuang sampah di rawa tersebut. Rencananya, untuk mencegah adanya warga yang membuang sampah, kata Rusli, di lokasi pembuangan sampah akan dibangun pagar keliling dengan menempelkan papan peraturan. "Agar tidak ada lagi orang yang membuang sampah di situ," cetusnya. c14

(-)
You can't predict when knowing something extra about tech will come in handy. If you learned anything new about tech in this article, you should file the article where you can find it again.

No comments:

Post a Comment